Dr. Rifyal Ahmad Lugowi, M.Pd

Pengelola Perpustakaan Pascasarjana UIN SMH Banten

Sejarah Perpustakaan Pascasarjana UIN SMH Banten

Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdiri seiring dengan berdirinya UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Sejarah Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten bermula dari keberadaan Perpustakaan Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Jati Serang yang berkembang menjadi IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dan pada tahun 2017 beralih status menjadi UIN SMH Banten. 
Diawali dari  keberadaan Fakultas Syari’ah IAIN “Sunan Gunung Djati” di Serang sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Banten yang menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat, sudah barang tentu dalam menjalankan misi ilmiahnya tidak dapat dipisahkan dari perpustakaan.
Sebelum berdiri gedung perpustakaan yang permanen, Fakultas Syari’ah Banten telah memanfaatkan salah satu ruang kuliah sebagai pusat kegiatan perpustakaan. Pemanfaatan salah satu ruang kuliah tersebut terpaksa dilakukan karena pada waktu itu Fakultas Syari’ah masih memiliki fasilitas dan tenaga yang terbatas.
Pada tahun 1982 Fakultas Syari’ah IAIN “Sunan Gunung Djati” Serang mendapatkan bantuan dari dana Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Isian Proyek Departemen Agama (DIP DEPAG) RI nomor 67/XXV/3/1982, dibangunlah gedung perpustakaan dengan luas bangunan dan tanah 240 m2 terdiri dari ruang kepala, ruang pengolahan dan teknis, ruang koleksi dan ruang baca. Sebelum bernama STAIN “SMHB” Serang, perpustakaan berada dibawah naungan Fakultas Syari’ah maka pada tahun 1997 setelah STAIN “SMHB” Serang diresmikan Perpustakaan Fakultas Syari’ah menjadi Perpustakaan STAIN “SMHB” Serang 
Pada tahun 1999 dibangunlah sebuah gedung perpustakaan dengan 2 (dua) lantai di atas tanah seluas 400 m2 dan selanjutnya pada tahun 2000 perpustakaan STAIN menempati gedung perpustakaan sendiri yang telah diresmikan oleh ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri “SMHB” Serang  dengan kepala perpustakaan Drs. Ahmad Marjuki  sampai 2002, selama 2003 dipimpin oleh Drs.Dadang Bunyamin, tahun 2004 dipimpin oleh Dra. Hj.Tuti Hafidhah,M..M,  dan tahun 2005 sampai akhir 2011 dipimpin oleh Jamridafrizal, S.Ag., S.S. M.Hum. dan dari 2011 sampai dengan 2020 di pimpin oleh Dr. Anis Zohriah, M.M
Selanjutnya Perpustakaan STAIN SMH Banten berubah menjadi Perpustakaan IAIN SMH Banten kemudian berubah lagi menjadi Perpustakaan UIN SMH Banten mengikuti perubahan status instusi. 


Visi dan Misi

Visi : Menjadi Pusat Informasi dan Sumber Referensi Studi Keislaman Multi Disipliner yang terkemuka

Misi :

  • Menyediakan referensi yang lengkap untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menghimpun karya-karya ilmiah yang dihasilkan Lembaga UIN Sultan Maulana Hasnuddin Banten dan khazanah lokal Banten
  • Mengembangkan fasilitas dan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi terbaru.
Scroll to Top