kampus 2

LATAR BELAKANG :


Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten secara legal formal baru terbentuk  pada tanggal 7 April tahun 2017, yakni sejak di tetapkan dan diundangkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten, sejatinya merupakan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ‘senior’ yang berdiri di Banten.

secara terus menerus UIN SMH Banten telah melakukan transformasi dengan nama dan afiliasi kelembagaan yang berbeda serta berada di bawah rangkaian periode kepemimpinan yang silih berganti mulai dari Prof.KH.Syadeli Hassan (1962-1979), KH.Anshor (1964-1967), H.A. Wasit Aulawi,M.A. (1967-1971), Prof.Dr.H.A. Wahab Afif, M.A. (1979-1985), Prof.Dr.H. A.Baihaqi AK. (1985-1993), Prof. Dr.H.Suparman Usman,SH. (1993-1996), Prof.Dr.H.M.A. Tihami, M.M, M.A (1996-2011), Prof.Dr.H.E.Syibli Sarjaya,M.M. (2011-2015), Prof.Dr. H.Fauzul Iman, M.A. (2015-2017 dan 2017-2021) hingga Prof.Dr.H. Wawan Wahyudin,M.Pd. yang menjabat dalam periode 2021-2024. 

selama kurun waktu tersebut UIN SMH Banten, yang secara institusi memperoleh peringkat Akrediatai Sangat Baik (B) pada tahun 2016 dan telah mengelola program pendidikan akademik dari berbagai jenjang dan dengan alumni yang tersbar di berbagai wilayah Indonesia serta berbagai sektor kehidupan dan profesi. 

selanjutnya, untuk merespon tuntutan zaman, pada tahun 2011 UIN SMH Banten pun mendirikan Program Pascasarjana. hingga sekarang PPs UIN SMH Banten telah memiliki 7 jurusan/program studi tingkat Magister  (S2) yaitu : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hukum Keluarga Islam (HKI), Ekonomi Islam (EKIS), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Studi  Islam Interdipliner (SII). selain program magister, UIN SMH Banten juga sudah memiliki 3 Program Studi/jurusan tingkat Doktor (S3) yaitu : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendididikan Islam (MPI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI). 

Berbagai program studi pada pascasarjana yang didirikan pada hakikatnya untuk melanjutkan tradisi, aspirasi dan inspirasi yang terkandung dalam Misi UIN SMH Banten itu sendiri, dan selalu comitted dalam upaya mewujudkan persoalan umat dan bangsa sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman, khususnya upaya pencarian dan penawaran solusi persoalan yang menyangkut misi pengembangan dan penguatan pendidikan, transformasi umat dan disiplin keilmuan secara integrasi konstruktif. Selain itu juga program Pascasarjana UIN SMH Banten merupakan salah satu wujud nyata dari upaya peningkatan dan pengembangan program pendidikan akademik yang tidak bisa dipisahkan dari pengembangan kelembagaan Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten secara keseluruhan dan berkesinambungan.

Program Pascasarjana UIN SMH Banten telah memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap peningkatan kualitas SDM di wilayah Banten pada kususnya dan Indonesia pada umumnya. eksistensi dan kontribusi tersebut harus terus di perkuat dan di dorong serta di lengkapi pula dengan berbagai dukungan mulai dari SDM, sarana prasarana dan kebijakan positif. hal tersebut sejalan dengan Visi,misi dan Tujuan dari Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten.

Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana dari Masa ke Masa

Scroll to Top